Saturday, March 17, 2012

didykelectro - CARA SERVICE DVD VITRON TAK ADA SUARA




kemarin dapat servisan dvd vitron.menurut yang empunya awal nya dvd ini sering eror (nodisk) dan ahir nya dvd mati total..
saya ambil peralatan dan mulai saya operasi tu dvd.. Saya cek regulator tegangan pun di ukur dan ternyata hasil nya teganan droop 50% dari tegangan normal.
.. Setelah cek sana sini didapati elko 247mf 16v meletup bagian bawah nya... Setelah pergantian dvd pun bisa hidup normal namun kali ini tanpa suara..wahhh mash ada yg gak beres ni pikir ku... Ku bongkar abis soket konektor pada mpeg lalu cek bagian out put suara mulai dari transistor,resistr ,kapasitor hasil nya nihil tak ada yg janggal..ahir nya saya vonis bahwa ic pre amp 4558 yg rusak.
Setelah pergantian ic tersebut suara pun mulai terdengar namun sangat kecil skali.... wahhhhh kaya nya harus pake juruss terakhir nich.."jumper"
yaitu melewat kan sinyal suara langsung ke bagian audio jack.. Setelah pen jumperan selesai dvd pun siap beraksi dan.... jrengggg... suksses suara pun kembali normal.. alham dulilah..

Bagi pengunjung dan rekan2 terutama yg masih awam mungkin akan sulit mencari sinyal suara yg keluar dari ic utama.. Disini saya akan jelaskan cara mudah mencari titik sinyal suara tsb..
langkah awal: karna sinyal suara bergetr maka kita mudah skali mencarinya..pertama hidup kan dvd dengan memutar sebuah disk lalu siap kan multi tester analog(biasa bkan digital) pilih selector pada skala 10v ac letakan kabel(-) pada ground jack audio,lalu kabel merah mencari titik sinyal suara dengan cara menempel kan nya pada kaki2 komponen biasa nya sinyal ini di lewat kan ke sebuah kapasitor(elko) maka cek setiap elko pada rangkaian penguat suaranya(pin +) apa bila jarum avo meter bergerak naik turun seperti bergetar nah disana lah yg harus kita jumper..salam sukses

.

Related Post



 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes