Friday, March 9, 2012

didykelectro - cara mengukur komponen tanpa melepas dari pcb



banyak para tehnisi elektronik yg harus melepas terlebh dahulu komponen yang hendak di ukur..dari pcb..wah .wah ini benar2 merepot kan bayangkan dalam tiap blok rangkaian tv aja ada ratusan komponen..apakah harus di cabut satu persatu untuk mengetahui komponen mana yang rusak? di sini akan saya berikan tips bagai mana cara mengukur nya..tips ini cuma buat yg mash awam saja buat yg uda master mhn di tambh tips yg lain.

1.mengukur resistor. untuk mengetahui resistor mana yang putus atau melar tahanan nya.ambil avo meter..sebelum nya baca dulu kode warna nya misal kan terbaca 1k baru siap kt ukur resitor tsb.tempel kan pada masing2 kaki resitor tsb.skala avo10x apa bila hasil pengukuran di bawah 1k atau pas 1k misal 900 ohm.berarti resistor tersebut sudah pasti bagus.dan apa bila hasil pengukuran di atas 1k. resistor rusak.ingat resistr tak perlu di copot.simple kan.cara pengukuran di bolak balik..

2.mengukur transistor. cara nya hampir sama cuma di sini kita harus tau kaki B E C tempel kan pencolok avo meter hitam atau merah ke kaki B.lalu yang lain ke E dan C. lihat hasil pengukuran seberapa jauh jarum menyimpang .lalu bandingkan dengan pengukuran dgn cara di balik.apa bila simpangan jarum tidk sama dgn pengukuran pertama.kemungkinan besar transistor bagus.tapi kalau hasil nya sama atau jarum mentok berarti tr rusak.jangan lupa ukur C dan E nya juga.dan ingat tak perlu melepas nya dari pcb..repot...nah apa bila ada kejangalan dalam pengukuran barulah kita copot.

.sekian smoga ber manfaat


.

Related Post



 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes