Saturday, December 3, 2011

Software Pembaca Nilai Resistor



Seperti yang sudah dibahas dalam posting tentang resistor sebelumnya di artikel Cara membaca nilai resistor, kemampuan membaca resistor wajib diketahui oleh rekan rekan teknisi, terlebih itu teknisi repair / service, boleh dikatakan semua perangkat elektronika dari radio usang sampai komputer semuanya menggunakan komponen dasar resistor.

Untuk yang sudah terbiasa dengan dunia teknik elektronika tentunya membaca nilai sebuah resistor itu sama sekali bukan masalah. Pada intinya kita hanya perlu mengetahui angka2 standar yang dimiliki oleh resistor, misalnya 1,1.0,2,2.2 dst..dan nilai dari warna cincin terakhir sebagai faktor pengali, bagi yang sudah terbiasa dilihat sekilas pun sudah ketahuan resistansinya.

Tetapi bagi yang masih awam dengan resistor ini tentunya kesulitan membaca hambatan sebuah resistor, perlu waktu belajar. Kebetulan saat ini sudah ada sofware untuk membaca nilai sebuah resistor secara cepat, ini juga bisa digunakan oleh anda yang ingin praktis langsung mengetahui resistansi resistor. Sebenarnya dari dulu software ini sudah ada, hanya saja fiturnya belum lengkap, resistor yang bisa dibaca hanya yang memiliki 4 cincin saja.

Sedangkan untuk software versi terbaru yaitu Resistor Color Coder v2.1 sudah bisa membaca nilai resistor dengan 5 cincin warna. Dilengkapi juga dengan Pembacaan Resistor SMD, yang resistansinya menggunakan sistem angka. Misalnya 473 berarti 47Kohm atau 272 yang berarti 2,7Kohm. Fitur tambahan lainnya yaitu sejenis panduan untuk berapa saja angka angka resistor standar itu, saya pernah membahas nya dulu di Variasi nilai hambatan pada Resistor.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat screenshot Software Pembaca Nilai Resistor dibawah ini :


Untuk membaca nilai resistor sebelumnya anda harus memilih terlebih dahulu jenis resistor tersebut, bisa metal film / resistor dengan 1% atau resistor standar yang memiliki toleransi 5% opsi ini terlihat di sebelah kanan software yang ditandai dengan gambar resistor. Untuk selanjutnya tinggal klik klik warna yang bersangkutan dan nilai resistor pun akan tampil dengan sendirinya.


Ini merupakan tampilan untuk membaca resistansi resistor jenis SMD yang biasa digunakan pada resistor, tinggal masukkan saja angka yang tertera pada badan resistor dan nilai dari resistor akan tampil, mudah bukan…


Tampilan yang terakhir ini merupakan fitur baru juga, fungsinya untuk mengetahui berapa saja nilai standar pada resistor itu, seperti bisa dilihat pada screenshot diatas angka angkanya yaitu 1 –  3.3 – 3.6 dst….Jika anda ingin mendownload software ini bisa langsung ke http://www.schematica.com/ dan pilihlah download sofware resistor, atau bagi anda yang tidak mau ribet saya sudah upload ke link ini Download Sofware Pembaca Resistor.
Semoga bermanfaat.

.

Related Post



 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes