Tuesday, November 29, 2011

Cara Service Monitor SAMSUNG SAMATRON Terkunci



Display pada CRT monitor menampilkan tulisan Unlocked

Langsung saja disini akan saya share bagaimana cara memperbaiki / Service Monitor SAMSUNG , kerusakan monitor ini sendiri adalah timbulnya display control lock / terkunci pada saat monitor dinyalakan.

Cek Lokasi IC regulator 7805 untuk IC MICOM

Begitu juga pada saat kabel VGA dari monitor dikoneksikan ke PC tidak terjadi apa apa / no respon icon sad Service Monitor SAMSUNG Terkunci . Setelah di cek ternyata tegangan yang keluar dari IC regulator 7805 mengalami kebocoran hingga tegangan yang terukur menjadi 7 Volt. Untuk lebih jelas silahkan lihat gambar :

Ukur tegangan Output IC regulator

Bila terukur lebih dari 5 Volt, ganti / replace IC 7805

IC Regulator 7805

Ada baiknya anda mengecek juga kondisi IC tersebut di luar rangkaian / setelah IC tersebut dicabut, ini untuk memastikan bahwa tegangan over 7 volt yang menyebabkan monitor samsung rusak ini bukan dari komponen lain dari Monitor. Kita bisa menggunakan rangkaian yang simple untuk mengeceknya :

Kaki input adalah kaki no 1 dari kiri bila kita melihat IC dari depan, ground adalah kaki no 2, sedangkan Output adalah kaki no 3.

Sayangnya saya tidak mempunyai skematik monitor ini sehingga tidak bisa menunjukkan langsung dimana letak persisnya IC ini pada rangkaian, tapi saya kira dengan adanya petunjuk gambar diatas bisa cukup jelas bukan icon biggrin Service Monitor SAMSUNG Terkunci .

Demikian postingan saya tentang Service Monitor SAMSUNG terkunci , semoga bermanfaat.

.

Related Post



 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes